Tips Menjawab Pertanyaan dari HRD Saat Interview Kerja

Photo Source: Fauxels (Pexels.com)

Jika kamu melamar pekerjaan, apabila kamu lolos di tahap tes tulis, maka tahap selanjutnya adalah Interview bersama HRD perusahaan.

Alangkah baiknya kamu mempersiapkan diri dan pengetahuanmu untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD.

Ada beberapa hal yang bisa kalian pelajari, Mau tau? Simak tips menjawab pertanyaan dari HRD saat interview kerja dibawah ini ya.

1.ceritakan tentang diri anda
Photo Source: Christina Wocintechchat (Unsplash.com)

Ini adalah pertanyaan dasar yang akan ditanyakan oleh HRD ke semua pelamar pekerjaan. Memang terlihat simpel dan mudah, namun pertanyaan ini sangatlah penting.

Jawablah pertanyaan dengan salam terlebih dahulu. Setelah itu, jawablah pertanyaan dengan pengalaman-pengalaman apa yang pernah kamu lakukan itu di organisasi.

Jadilah dirimu sendiri, namun dengan versi yang singkat, jelas, dan padat.

2. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini
Photo Source: Sean Pollock (Unsplash.com)

Pertanyaan ini seharusnya menjadi pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Kamu tinggal cari informasi mengenai perusahaan di website atau sosial media perusahaan.

Apabila salah satu orang-orang terdekatmu bekerja di perusahaan tersebut, maka bertanyalah pada orang tersebut. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari profil pada perusahaan.

Kamu tidak perlu menjelaskan semuanya, sebutkan hanya poin-poin yang kamu rasa penting untuk perusahaan dan pastikan kamu menjawabnya dengan lancar, hal ini untuk membuktikan bahwa kamu benar-benar mengetahui tentang perusahaan tersebut.

3. mengapa anda tertarik melamar di perusahaan ini
Photo Source: Tim Gouw (Unsplash.com)

Pertanyaan ini adalah salah satu hal yang menjadi tolak ukur HRD untuk mengukur motivasi kamu mengapa ingin melamar pada perusahaan tersebut.

Sebisa mungkin hindari jawaban yang berkaitan dengan suasana kantor yang nyaman, jumlah gaji, atau kekurangan perusahaan di tempat kerja kamu sebelumnya, karena itu akan menimbulkan persepsi bahwa kamu adalah seorang yang tidak loyal bagi perusahaan dan yang pastinya HRD akan merasa ragu untuk merekrut kamu.

4. mENGAPA ANDA TERTARIK MELAMAR DI POSISI INI
Photo Source: Dylan Gillis (Unsplash.com)

Setelah mengetahui niat dan motivasi kamu untuk melamar di perusahaan, pertanyaan selanjutnya adalah posisi yang kamu lamar.

Hal ini tidak akan menjadi masalah apabila jika kamu memiliki pengalaman yang sama dengan posisi yang kamu lamar.

Namun, apabila kamu baru atau awam pada posisi pekerjaan tersebut, maka alangkah baiknya kamu harus melakukan riset mengenai apa saja jobdesk pekerjaan tersebut sehingga kamu tidak kaget pada saat telah diterima bekerja.

5. apa kelebihan dan kekurangan anda
Photo Source: Fransisco Gonzales (Unsplash.com)

Yang bisa menjawab pertanyaan ini adalah Kamu sendiri. Namun apabila kamu bingung untuk mengetahui apa kelebihan dan kekuranganmu, cobalah bertanya kepada orang terdekatmu untuk menilai apa kelebihan dan kekuranganmu.

Setelah mengetahui hal tersebut, cobalah untuk mensortir mana yang pas untuk menjawab pertanyaan dari HRD.

Pada saat menyebutkan Kelebihan, jangan terlalu melebih-lebihkan sesuatu, sampaikan dengan apa adanya sesuai dengan kapasitas dirimu dan dampingi pernyataan dengan bukti-bukti yang mendukung bahwa apa yang kamu sebutkan adalah benar.

Dan pada saat menjawab tentang kekurangan, sebutkanlah kekuranganmu beserta solusi yang pernah kamu lakukan untuk menghadapi kekuranganmu, dengan begitu kekuranganmu akan tertutup dengan solusi yang telah kamu lakukan.

6. berapa gaji yang anda inginkan
Photo Source: Karolina Grabowska (Unsplash.com)

Pertanyaan ini sering menjebak para pelamar pekerjaan dan bingung bagaimana caranya untuk menjawab sesuai dengan apa yang HRD inginkan.

Dikutip dari Glints.com, apabila kamu memiliki beberapa keterampilan lain yang bisa menunjang pekerjaan, jangan ragu untuk menyampaikannya. Hal ini akan memungkinkan gaji yang didapat semakin besar.

Pastikan juga, kamu mau terbuka untuk bernegosiasi soal gaji. Sampaikan pengalaman serta prestasi yang telah dicapai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan gaji di perusahaan yang baru.


Kurang lebih itulah tips menjawab pertanyaan d

Berhati-hatilah dalam menjawab pertanyaan, yang diberikan, belajarlah terlebih dahulu sebelum interview dengan HRD, pastikan bahwa kamu telah melakukan persiapan dengan baik. Semoga Sukses Guys!